Minggu, 30 Desember 2007

Year End

Tahun baru lagi. Janji baru lagi. Pelanggaran janji lagi.

"Pesimis amat si lo ?"

Mungkin juga. Karna itu yang terjadi selama bertahun-tahun. Setiap tahun baru, gw membuat sejumlah janji dan resolusi yang daftarnya ga kalah panjang ama daftar belanja akhir tahun ibu gw. Dari janji2 kecil yang keliatannya realistis mpe janji ngimpi yang kelewat bombastis. Kesamaannya cuma satu, ga ada yang sukses.

Gw ngebuat janji agar tahun berikutnya gw bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Tapi entah karna gw lupa janji gw di tengah jalan, ilang semangat sebelum mencapai tujuan, ato emang karna sebenernya ga pengen berubah, akhirnya janji2 itu selalu kandas sebelum akhir tahun tiba.

Kalo gw (bener2) pengen berubah , pastinya gw harus tau dulu napa gw perlu berubah. Selama gw ga ngerasa kalo gw (bener2) perlu berubah, selama itu pula gw ga akan pernah berubah. Mau gw nulis berlembar2 janji n rencana yang detil biar bisa berubah, selama gw ga pengen, yaa.. kertas berisi janji2 itu cuman berakhir jadi kantong pisang goreng. Boro2 ngerjain, nulis janjinya aja udah ga niat.

Masalahnya, harga suatu pelajaran kadang terlalu mahal. Gw baru tergerak untuk berubah ketika mengalami kegagalan telak, ato kehilangan besar. Saat itu gw baru berniat untuk berubah, tapi semua udah terlambat.

"Mbok ya optimis tho mas. Mending terlambat, tapi dapet pelajaran tho ? Lain kali ga bakal diulang lagi"

Jadi sepertinya, yang membuat orang berubah adalah momen2 penting yang hanya dia sendiri yang mengalami. Lulus sekolah, drop out, dipecat, pernikahan, perceraian, kehilangan anggota keluarga. Hal2 ini yang lebih mampu ngebuat orang berubah. Jadi lebih baik, ato lebih buruk.

Tahun baru ? Hanya hari yang baru. Ga lebih dari itu.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Kupikir, itu semuanya betul-betul tergantung pada cara kita mandang dunia, Ren.

Tapi ga tahu sih. Soalnya enggak cuma pas tahun baru. Aku mikirin soal 'berubah' tiap waktu. Tapi aku juga masih tetap begini2 aja.

arya mengatakan...

weh2, jadi inget pas tahun baruan dulu.. resolusi gw apa ya? hmm.. Anin, Rikza, bagaimana resolusi kalian?