Minggu, 02 Desember 2007

In A Queue

Di sebuah acara pernikahan yang baru2 ini gw hadiri, gw mendapati diri sebagai satu dari sekian ratus tamu yang tengah berdesakan untuk memperoleh makanan. Tempat gw berdiri adalah antrian yang paling panjang di antara sekian banyak antrian di stand lainnya. Ruangan penuh sesak oleh manusia, sedangkan pendingin ruangan ngga bekerja. Jadilah suasana antrian didominasi wajah2 lelah penuh keringat dengan tangan yang sibuk mengipas2 kaya orang ayan.

Selama antrian berlangsung, ada beberapa orang yang ketemu temen2nya, cipika-cipiki, n tiba2 udah jadi penghuni antrian. Sementara orang lain udah kering nungguin dari belakang, jalan mereka tambah kesendat karna kedatangan beberapa penyelundup yang kebetulan punya kenalan di bagian depan. Hal ini terjadi beberapa kali. Bahkan ketika tiba giliran gw buat ngambil, tiba2 ada ibu2 tua entah dari mana ngambil piring di depan gw, senyum ke gw n dengan tenangnya menyendokkan beberapa makanan ke dalam piringnya. Mungkin ibu2 itu ngerasa dirinya sebagai orang yang udah sepuh, wajib dihormati, jadi wajar untuk didahulukan. Gw cuman nyengir kuda aja, sementara beberapa orang di belakang gw mengumpat dengan suara tertahan. Moga2 ga ada yang nimbrung nyantet.

Saat itu gw mikir, gimana kalo seandainya antrian ini adalah antrian menuju kesuksesan idup. Tiap orang nunggu gilirannya masing2 buat mencapai sukses yang diimpikan. Ada beberapa yang hanya perlu menunggu sebentar sebelum mereka mendapatkannya, ada juga yang keburu game over bahkan sebelum melihat titik terang harapan buat sukses. Dan ada juga orang2 yang sibuk sikut kanan-kiri ato menggunakan kekuasaannya buat menyingkat waktu memperoleh kesuksesan. Kayanya enak banget kalo pas gw butuh, gw punya kemampuan buat motong jalan. Jadi, kalo mo sukses itu, salah dua resepnya adalah punya banyak temen n cukup senior buat dikasi jalan.

Tapi saat ini gw lagi ada di dalam antrian yang entah-kapan-majunya, jadi salah satu orang yang ga beruntung harus mulai ngantri dari belakang, karna ga punya temen di depan n ga cukup uzur buat didahulukan. Apa yang terjadi dengan orang2 kaya gw kalo banyak orang2 'beruntung' yang menyerobot antrian ? Hal ini nyentil gw, betapa pas gw dapet kemudahan buat nyerobot, secara langsung ato ga, gw udah ngehambat usaha orang lain, yang mungkin udah terlalu lama nunggu giliran, buat maju.

"Mas, lo naif banget tho ? Namanya idup, ga ada yang pengen susah. Lha orang2 itu juga kalo emang bisa motong barisan pasti mereka lakonin. Mosok kesempatan mudah mo dipersulit ?" Lha iya kalo pas gw yang dapet, kalo orang lain yang dapet ? Sepet.

Tapi mungkin kata2 temen gw bener juga. Kalo gw emang pas dapet kesempatan dipermudah, napa harus mempersulit diri dengan keukeuh pada pendirian yang ga jelas juntrungannya selain bikin kering ati n badan ? Kemudahan bisa dateng dari mana aja, termasuk punya temen ato faktor dituakan kaya conto di atas. Tapi mungkin ngga harus dipaksa buat dimanfaatkan. Kalo ternyata temen qta ga bisa ngebantu ato enggan karna ga enak ama orang lain, yaa.. jangan mempersulit dirinya dengan nyerobot barisan. Tapi kalo emang dia menawarkan bantuan dengan sukarela, masa qta kebiri juga keinginan dia buat beramal ? hehehe..

"Alaaahh.. lo ngomongnya rumit amat tho mas, mpe berbusa gitu. Bilang aja pengen dibantuin tapi ga ketauan orang2, biar ga kena sambit berjamaah kaaan ?"

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Rendy sudah mulai mempelajari falsafah-falsafah hidup...

Rheind mengatakan...

Emang selama ini ngga ?