Minggu, 23 Desember 2007

Looking Up

Suatu ketika, pas nonton bioskop ama temen2, gw kebagian kursi di barisan depan gara2 dateng telat pas beli tiket. Karna layar kelewat deket, terpaksa kepala harus terus2an menengadah sepanjang adegan. Sama seperti apa yang selalu gw lakuin dalem idup gw.

Kadang, karna kebanyakan ngeliat ke atas, gw ga bisa lagi ngeliat apa yang udah gw punya. Akibatnya, gw ga pernah ngerasa cukup. Prinsip idup gw berubah jadi, "Gw akan bahagia ketika.." Ketika bisa nguasain 5 bahasa pemrograman. Ketika bisa tetep dapet A walo pas ujian maen mulu. Ketika gw bisa ngelakuin apa yang orang lain bisa, ketika gw punya apa yang orang lain punya.

Sementara banyak orang yang ga bakal percaya kalo makhluk yang menganut paham as-the-time-goes-by kaya gw punya pikiran kaya gini, sebenernya itulah yang terjadi. Gw sering ga puas dengan apa yang udah gw punya, tapi ga banyak ngelakuin hal2 yang bisa ngerubah itu semua. Lebih buruk kan ?

"Kalo lo liat orang mulu, ya ga beres2 lah"

Mungkin bener kata temen gw. Gw pengen sukses. Sesukses apa yang menurut orang lain sukses. Dan karna gw menganut apa yang dianut orang lain, jadilah gw mengejar2 apa yang menurut orang lain benar. Gw selalu ngerasa apa yang gw punya sekarang belom terlalu baik. Jadi, gw terus ngeliat ke atas, meriksa apa yang harus gw punya. Padahal kebanyakan ngeliat ke atas bikin sakit leher sodara2, kaya yang gw alamin di kursi bioskop.

Daripada kram, mungkin sebaiknya gw sedikit istirahat n ngeliat ke bawah. Kalo sekarang gw mosisiin diri jadi yang dianggep punya segala, gw baru nyadar kalo ada banyak hal yang bisa ngebuat gw ngerasa beruntung. Kesehatan, pendidikan, keluarga, n banyak lagi hal2 kecil yang ga pernah gw perhitungkan sebagai kelebihan. A cliche, maybe, but profitable nonetheless. Sama seperti gw yang bakal ngelakuin semua hal buat dapet apa yang orang lain punya, ada juga orang2 yang bakal ngelakuin hal yang sama buat apa yang gw punya.

"Jadi, kalo udah bersyukur, trus qta brenti nyari, mas ?"

Panjangnya, temen gw nanya, kalo qta emang udah ngerasa cukup ama yang qta punya, berarti qta ga perlu nyari lebih jauh kan ? Tapi kalo gitu jadinya, qta bakal brenti juga buat nyari kehidupan yang lebih baik. Sebaliknya, kalo qta tetep nyari yang lebih baik, berarti qta belom ngerasa cukup, alias belom bersyukur. Jadi ? Gw juga belom dapet jawabannya.

Tapi mungkin, sedikit ngutip, 'jika seseorang lebih baik dari kemarin, maka ia beruntung. jika sama saja, maka ia rugi. jika lebih buruk, maka ia celaka'. Yang gw tangkep, nilai sukses itu subjektif. Yang penting, diri qta hari ini bisa sedikit lebih baik dari hari kemarin, itu udah cukup. Jangan kebanyakan liat apa yang orang lain punya. Kalo rumput tetangga lebih hijau, pasti tagihan airnya juga lebih gede, hehehe..


6 komentar:

Ardhita mengatakan...

gw pengen ngasi opsi mana yang lu pilih :
SABAR menanggung beban hidup (amanah gawean maksudnya) dengan harapan besok lebih baik (may be, malah lebih ancur juga bisa)

atau

berSYUKUR dengan apa yang kamu punya sekarang....

MANA yang kamu pilih? sambung2in-lah ma tulisanmu, okeh!

Rheind mengatakan...

Well..buat gw sekarang, gw bakal terus berSYUKUR atas apa yang udah gw punya, karna itu bakal ngebantu gw buat SABAR menanggung beban idup (karna selama idup, pasti ada masalah)

Bersyukur itu (setau gw sekarang) targetnya diri sendiri mas. Jadi, selama diri sendiri bisa lebih baik dari sebelumnya, napa ga dicari ? Dan karna targetnya diri sendiri, qta juga yang bisa nentuin kapan bisa brenti nyari, bukan (pandangan) orang lain.

Mungkin gitu kali ya ?

arya mengatakan...

Weiss. Pemikiran yang cukup dalam dari saudara Rendy.. lo ga liat ke depan Ren? awas kejedug...

Saran gw sih, determine your own final destination (some may call it your own 'private masterpiece', in life and afterlife), derive the most convenient ways to achieve it, and then go along the way.

I believe that every people have their own role in this world, and each person have their own way to sense their role. So, what role do you want to take?

Rheind mengatakan...

A pity, though, dat most of them, including me, want to take on d leading role. Is there anyone willing to choose a lil, supporting role, by themselves ?

Anonim mengatakan...

Hmm, kayaknya ini balik lagi soal cita-cita yang kita omongin dulu Ren. Ah, tapi gw jadi rada g enak ngomongin ini.

Rheind mengatakan...

Why should u ? Ur free to write anything here ;)