Minggu, 09 Desember 2007

Too Much Laid Back Can Kill You

Seorang teman pernah mengeluh tentang pekerjaannya yang menumpuk. Proyek2 lama masih belum selesai, proyek2 baru sudah berdatangan. Dan akhirnya, hampir tidak ada lagi waktu untuk dirinya sendiri. Setiap hari berarti pekerjaan. Bahkan makan dan tidur lebih bersifat rekreasi dibanding kebutuhan. 'Bekerja' berarti mengejar tenggat waktu penyelesaian.

Bicara tentang tenggat waktu, gw mau ga mau jadi kesentil. Sebulan sejak gw netapin diri buat nulis tiap minggu ternyata hasilnya mengecewakan. Dua minggu terakhir ini, gw udah ngelanggar deadline yang gw tetapin sendiri. Bahkan minggu ini juga. Seharusnya hari sabtu, ternyata molor ke hari minggu. Masi untung belom ngeleber mpe senen, tapi terlambat ya terlambat. Kalo udah urusan ama editor beneran, bisa2 gw udah dipecat. Buat kesalahan ko ya borongan. Keledai aja ga jatoh ke lubang yang sama dua kali, lha gw ngulang kesalahan sama mpe tiga kali, berturut2 lagi. Berarti gw lebih dodol dari keledai ya ?

Bukan karna ga ada bahan yang bisa ditulis, tapi karna alasan klasik, menunda. Entah kenapa, buat orang2 kaya gw, menunda adalah hal yang menyenangkan, sampai tiba batas waktu penyelesaian, tentunya. Buat gw, waktu kosong yang dikasi sangat sayang kalo ga dimanfaatin. Dimanfaatin buat senang2, maksudnya. Prinsipnya, napa harus ngelakuin hal yang ga asik, kalo waktu buat senang2 masi tersedia ? Apalagi, kalo maksain diri pun, hasilnya juga ga bakal maksimal, karna qta ga ngelakuin sepenuh hati. Hati gw, tentunya. Seperti kata orang2, jangan tunda sekarang apa yang bisa kamu tunda besok.

Dan akhir ceritanya selalu sama. Tugas dikasi n batas waktu ditentuin. Nikmati idup. N when deadline draws near, pull an all-niter. Kalo berhasil, lain kali bakal diulang lagi buat pekerjaan berikutnya. Kalo gagal, satu2nya pelajaran yang bisa diambil adalah menambah durasi begadang. Masi gagal juga, salahin pihak yang ngasi deadline kependekan. Dan siklus yang sama terulang lagi.

Heran juga, gw selalu dengan senang hati buat menunda ngelakuin hal-hal yang ngeberatin idup gw hingga batas akhir. Padahal, pada akhirnya semua itu harus gw lakonin juga. Belum lagi, selama gw nunda ngeberesin satu masalah, masalah lain udah dateng. Akhirnya, semua numpuk di hari terakhir pengerjaan. Dan mungkin beberapa hal yang gagal gw selesaiin berakibat pada tertundanya kesuksesan gw di kemudian hari, yang berarti menunda kesenangan gw juga. Gw senang menunda, tapi ga rela kalo hal yang gw senang tertunda. Bingung kan ?

Ada saat2 gw muak, n pengen berubah. Susun jadwal, cicil pekerjaan, tapi akhirnya selalu aja gagal bertahan. Akhirnya, setelah berkali2 gagal, gw memproklamirkan diri sebagai orang yang bebas merdeka. Jadwal n aturan ga cocok buat orang macem gw. N kalo hal itu berarti kekurangan gw, gw lalu memposisikan diri sebagai manusia yang terbatas dengan segala kelemahannya. Menyerah kalah pada keadaan.

Padahal kalo dipikir lagi, melakukan hal baru emang bukan hal mudah. Katanya, seseorang butuh waktu dua minggu untuk dapat memperoleh kebiasaan baru. Tapi punya tekad untuk bertahan selama dua minggu itu lebih sulit lagi. Nah, kesulitan itu yang gw eksploitir sebagai kambing item yang menyebabkan tekad gw kaya krupuk. Akhirnya, gw menunda lagi buat berubah menjadi lebih baik.

Sampai kapan ?

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Ahahaha, aku juga punya penyakit yang sama kok. Tapi mungkin lebih dramatis tiap kalinya karena selalu diiringi pertumpahan darah dan genangan air mata.

Kalo aku sih, belakangan nyadarin bahwa yang bikin aku kegerak hanyalah alasan simpel buat balasa dendam aja...

arya mengatakan...

Wah, another wise topic from my best buddy, Rendy.. makanya jangan tunda-tunda lagi Ren, kalo bisa nikah sekarang, why not??? ( :p )

Unknown mengatakan...

take easy aja ren, klo emang menunda itu lebih nikmat knp enggak, yg penting beres aja kerjaan. klo ak sih mikirnya ngerjain something pas deadline itu lebih nikmat. asal tau diri aja... ;p

Anonim mengatakan...

akhirnya berkunjung lagi....
hahaha

teman yang mengeluh itu kayaknya gw tau deh....gak terlalu kenal sih, tapi tau hehehe.

kalo gw sebenarnya gak mengeluh ren... kadang2 orang salah mengerti tentang yang aku katakan. hmm sebenarnya itu hanyalah pernyataan seorang teman tentang apa yang sedang dia lakukan sekarang, dan dia hanya ingin mengatakannya, untuk kepuasan dirinya sendiri, supaya nanti jika temannya mengalami hal yang sama, dia juga akan menyatakan hal yang serupa.

lalu mengenai menunda... hmmm menunda itu hal yag baik kalo blum ada kejelasannya. kalo sudah ada maka itu hal yang buruk sekali untuk dilakukan. tapi aku akan menunda banyak hal, jika sedang ingin mencari kesenangan untuk orang yang aku sayangi:)