Sabtu, 17 November 2007

Sincere

Beberapa waktu yang lalu, pas Ramadhan, gw pernah debat kusir ama temen gw sambil ngabuburit (nunggu waktu buka, red). Karna dalam debat itu ga ada kusir yang dilibatkan, juga ga sedang ngabubur beurit (membuat bubur tikus, red) karna sedang puasa, akhirnya isi debat itu ngalor ngidul ga jelas juntrungannya. Salah satu yang paling hot : Mpe mana qta bisa berbuat baik tanpa disebut sia2 ?

Menurut temen gw, adalah sangat naif, kalo ga bisa dibilang bodo, berbuat baik tanpa balesan. Pelajaran PPKn, budi pekerti, dll lebih tepat diajarin buat para biksu yang kesehariannya lebih sering ngomong ama kambing di gunung dibanding ama manusia, karna pada kenyataannya ego adalah manusiawi. Hal idealis seperti berbuat baik tanpa pamrih, cuma bisa diterapin kalo lingkungannya juga ideal.

Let's say qta ngelakuin kebaikan buat seseorang. Bentuknya bisa macem2, n ga hanya sekali. Kalo dari kacamata orang ketiga, orang itu udah banyak berutang budi ama qta. Sekarang, gimana kalo ternyata ketika suatu saat qta butuh bantuan orang itu, dia malah enggan memberikan pertolongan ? Kenyataan bisa jauh lebih kejam, sementara mengatainya "dasar ga tau terima kasih !" sama saja dengan mengingkari semangat tanpa pamrih yang qta gembar-gemborkan dulu. Setelah itu, jika orang yang sama kembali butuh bantuan, apa qta masi rela meminjamkan tangan ?

Jadi pada dasarnya, manusia itu pamrih, butuh tujuan. Apa pun yang ia lakukan, semuanya bakal kembali ke dirinya sendiri. "Apa untungnya buat gw ?" Bahkan seandainya pun ia berbuat baik karna merasa senang melakukannya, itu juga bisa dianggap pamrih karna dia punya keinginan, seenggak2nya, buat muasin hatinya sendiri.

Gw sendiri yang seharusnya berperan sebagai kusir temen debat malah cuman bisa ngelongo, ngangguk2 kaya ayam lagi matuk. Gw ga bisa nyangkal, hal itu emang masuk akal. Masuk akal gw, maksudnya. Secara gw sendiri masi sering misuh2 kalo ternyata apa yang udah gw lakuin buat orang ternyata ga guna ketika gw sendiri butuh bantuan.

Jadi bener ga sih, ga ada yang namanya ikhlas ? Ga ada yang namanya memberi tanpa maksud tersirat, mencintai tanpa syarat ?

Lapeerr..

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ren, jangan mikir yang aneh2.
Percaya deh, kalo selama ini aku ngebantu orang dengan ngeharap imbalan, aku pasti udah di-DO sekarang dari ITB.

Rheind mengatakan...

yea..kalo lo ngebantu orang pas ujian trus ketauan n ngarep lepas hukuman dengan ngasi imbalan, ya pasti aja di-DO masss